Minggu, 05 Desember 2010

Mengembangkan Diri Untuk Mencapai Kesuksesan


Picture Cara Mengembangkan Diri Untuk Mencapai Kesuksesan

Kita sadar bahwa setiap manusia di muka bumi ini pada dasarnya selalu mendambakan kehidupan yang lebih baik, meliputi karir, bisnis, rumah tangga, hubungan sosial dan lain sebagainya. Intinya, kita  ingin mencapai kesuksesan. Namun kebanyakan kita terbentur oleh bermacam-macam kendala. Dan kendala yang paling besar justru ada pada diri kita sendiri.

Jika kita ingin sukses, kita harus keluar dari pola pikir yang sempit yang senantiasa membelenggu alam bawah sadar kita. Marilah sama-sama kita bentuk mental kita menjadi mental yang berparadigma sukses. Berikut ini adalah 7 tips langkah menuju kesuksesan kita, Insya-Allah:

Yang pertama, marilah kita perluas wawasan kita dalam segala hal. Kita harus memandang kehidupan ini dengan Iman yang kuat. Kita harus memandang seolah-olah kita ini melesat pada tingkatan yang lebih tinggi. Kita harus memiliki gambaran-gambaran yang jelas tentang apa yang ingin kita raih. Ini penting, karena gambaran tersebut harus menjadi bagian dari diri kita, baik itu di dalam benak, percakapan yang mengirim pesan ke alam bawah sadar kita, serta dalam tindakan di setiap aspek kehidupan kita.

Yang kedua, kita harus selalu mengembangkan gambar-gambar diri yang sehat.  Karena suatu keberhasilan di dalam meraih setiap tujuan itu sangat tergantung dari bagaimana kita memandang diri kita sendiri. Dan dari situ, kita akan dapat rasakan efek dari pola pandang tersebut.  Sebab itu akan sangat menentukan tingkat kepercayaan kita dalam bertindak. Sebagai faktanya adalah kita tak akan pernah bisa melakukan suatu tindakan yang lebih tinggi dari apa yang kita bayangkan terhadap diri kita sendiri.

Yang ketiga adalah menemukan kekuatan di setiap pikiran dan perkataan kita. Yang menjadi target terbesar yang akan di serang oleh musuh adalah pikiran kita. Hebatnya, dia bisa tau jika dia bisa mengendalikan dan memanipulasi  pola pikir kita, maka sesungguhnya dia telah berhasil mengendalikan dan memanipulasi keseluruhan dalam kehidupan kita. Pola pikir itu menentukan bagaimana perilaku, sikap dan penggambaran diri seseorang. Pola pikir sangat menentukan tujuan kita. Bahkan di setiap agama yang kita anut selalu menuturkan tentang pentingnya kita dalam menjaga pola pikir kita.

Yang ke empat adalah, kita harus melepaskan masa lalu kita, ikhlashkanlah dia pergi sejauh-jauhnya dari kehidupan kita. Ada kemungkinan kita telah kehilangan sesuatu yang orang lain tak pernah mengalami dalam kehidupan kita ini. Apabila kita ingin sukses, kita harus meninggalkan alasan-alasan trauma masa lalu sebagai alat yang menjadi pilihan buruk dalam kehidupan kita saat ini. Janganlah menjadikan masa lalu sebagai alasan sikap buruk kita selama ini, dan juga melakukan pembenaran atas tindakan kita untuk tdak memberikan ampunan kepada seseorang.

Yang ke lima adalah, menemukan kekuatan ketika kita terkondisikan dalam kedaan yang paling buruk sekalipun. Sikap yang harus kita ambil adalah: “Bolehlah saya terjatuh berkali-kali dalam kehidupan ini, akan tetapi saya tidak akan pernah mau selalu tertinggal di bawah”. Tidak ada satupun manusia yang luput dari tantangan dalam kehidupan ini. Semua manusia di muka bumi ini pasti pernah mengalami hal-hal yang datang menyerang dalam kehidupannya. Boleh saja kita di jatuhkan dari manapun, akan tetapi kunci untuk mencapai kemenangan yang haqiqi adalah belajar bagaimana kita bisa bangkit di setiap kali kita jatuh.

Yang ke enam adalah,  memberikan apapun yang kita miliki dengan penuh sukacita.  Dari salah satu kesekian banyak tantangan terbesar dalam kehidupan kita adalah godaan dengan gaya hidup mementingkan kepentingan diri secara pribadi. Kita tahu bahwa Tuhan selalu menginginkan yang terbaik untuk kita, Dia ingin kita hidup sejahtera, menikmati apa yang telah di anugrahkan-Nya dan masih banyak lagi yang Dia sediakan untuk kita, namun ironisnya kita sering kali melupakannya dan terjebak dalam tindak prilaku mementingkan kepentingan sendiri. Kita akan mengalami rasa sukacita yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya, jika kita bisa berbagi dalam kehidupan ini bersama orang lain.

Yang ke tujuh dan yang terakhir adalah, memilih untuk berbahagia saat ini. Bukan kemarin, besok ataupun lusa. Kita tidak harus menunggu semua persoalan kita selesai dulu, baru kita melakukan hal ini. Kita tidak harus menunda rasa kebahagian itu sampai kita bisa mencapai semua target kita. Kita perlu tau bahwa Tuhan selalu inginkan kita berbahagia di setiap kondisi kita. Bukan kemarin, esok ataupun lusa, akan tetapi sekarang juga.

Marilah kita belajar dari 7 langkah tips ini, dan yang paling penting adalah kita mau mempraktekkannya dalam kehidupan kita sekarang. Sehingga sukses menjemput kita.

Posted By: Denmas Lawe Blog Motivasi Sukses, Updated at: 01.48

0 komentar:

Posting Komentar